Korea dan Kebudayaannya yang Mendunia

INVESTIGASI SEPTEMBER 2011

” KOREA DAN KEBUDAYAANNYA YANG MENDUNIA “

© duaribuan 2011

Kali ini dalam rangka tema Simfoni Cinta Indonesia, kita bakal ngebahas salah satu trend saat ini, yaitu Korea, K-Pop, K-Drama, dan lainnya.

Bicara mengenai korea, pasti semua remaja udah ngerti, paling gak tahu tentang korea, bahkan terobsesi ama beberapa artis kenamaannya. Sebut saja Rain, Kim Bum, para personel Super Junior dan bahkan sampai pebulutangkis Lee Yong Dae pun menjadi salah satu idola masyarakat Indonesia.

Kali ini duaribuan akan mencoba mengungkap kehebatan korea yang berhasil menyebarkan kebudayaannya lewat karya seni dan budaya bernama Budaya Korea.

Musik

Di bidang musik, korea pun telah mulai merajai tangga lagu Asia. Genre musik yang diusung bertema ‘K-Pop’ atau Korean Pop yang semakin mendunia. Lagu-lagu korea biasanya perpaduan antara versi Bahasa Korea dan Bahasa asing.

Dengan semakin gencarnya K-Pop, popularitasnya pun semakin ke penjuru dunia. Selain di Asia, K-Pop pun merambah ke berbagai benua, seperti Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Amerika Latin, Australia dan New Zealand.

Band-band dan penyanyi kenamaan korea pun semakin mendunia. Sebut saja Rain, SNSD, SS501, Shinee, Super Junior bahkan Kara.

Rain sendiri pun menjadi 100 orang berpengaruh versi Majalah Time. Ia mungkin menjadi satu dari beberapa artis korea yang berhasil menjadi kiblat K-Pop dunia.

File:SS 501 My Style My MTV.jpg

File:Suju mkmf2997.jpg

File:SHINee live in BKK2.jpg

Bahkan para pemusik korea tersebut banyak juga yang terjun ke dunia perfilman maupun drama di Korea.

Film

Untuk film sendiri, Korea masih kurang terkenal. Di 2011 ini, film luar masih merajai box office di korea Selatan. Sebut saja Harry Potter, Transformers dan Kung Fu Panda yang masih merajai Korea.

Namun, jangan salah. Korea sangat produktif dalam hal film. Di tahun 2011 sampai 20 Juli lalu, Korea telah mengeluarkan 65 film. Ini merupakan salah satu produktifitas orang Korea. Meskipun memang film-filmnya jarang menjadi box office disana.

Film ‘Quick’ (퀵) bertema Action di Korea yang dirilis 20 Juli lalu, meraup penonton sebanyak 3 juta. Sungguh luar biasa.

Drama

File:Autumn-imh.jpg

Soal yang satu ini, Korea juaranya. drama-drama besutan sutradara korea telah mendunia. Sebut saja Winter Sonata, IRIS sampai Queen Seondeok yang telah menjadi unggulan di berbagai negara.

Drama-drama ini ditayangkan di jam prime time dan kini drama-drama Korea hampir merajai negara-negara hingga aktor-aktor yang memainkan drama itu menjadi terkenal dan diundang. Kekhawatiran paling besar adalah Industri entertainment dunia akan dikuasai oleh para entertainer Korea.

Artis

Memang salah satu yang menjadi incaran adalah artis-artis Korea ini. Mereka memiliki ketampanan dan kecantikan yang membuat parar masyarakat menyukai mereka.

Meskipun sudah tua, beberapa artis korea tetap bugar dan sehat. Bahkan untuk action, mereka masih sanggup melakoninya. Apa sih rahasianya? Apa si Ginseng itu rahasianya?

Entahlah, tetapi jika musik, film maupun sinetron/drama di berbagai negara tidak bisa mengimbangi persaingan dengan Korea ini, bisa dipastikan beberapa industri musik, film maupun drama akan digeser oleh dominasi Korea.

Dan bagaimana dengan Indonesia? Tidak bisa dipungkiri industri korea telah memasuki Indonesia dengan mulusnya. para aktor dan aktrisnya pun mulai mendapatkan fans di Indonesia. Tetapi, untuk itu tetap cinta Indonesia… Simfoni Cinta Indonesia SEPTEMBER

investigasi 2000an © duaribuan 2011

About these ads