Arti Nama Bulan dalam Kalender Qomariah

salam duaribuan…

Menyambut ramadhan yang tak akan lama lagi, mari kita refreshing dulu dari penatnya hidup. Kali ini mengenai Kalender Qomariah yang dianut masyarakat muslim. berikut ini adalah arti atau sejarah penamaan bulan tersebut.

1. Muharram

Bulan Muharram artinya adalah yang diharamkan, oleh karena itu, sewajibnya pada bulan itu kita tidak melakukan sesuatu yang tidak baik, seperti berperang apalagi sampai menumpahkan darah.

2. Shafar

Bulan Shafar artinya kosong. Dinamakan seperti itu karena pada bulan itu semua pemuda Arab dahulu pergi meninggalkan rumah sehingga pemukiman kosong dari orang laki-laki.

3. Rabi’ul Awal

Berasal dari kata rabi’ (menetap) dan awal (pertama), maksudnya masa kembalinya kaum laki-laki yang telah meninggalkan rumah atau merantau. Jadi harusnya Malin Kundang pergi bulan Shafar, kembali Bulan Rabiul Awal, hehehe…

4. Rabi’ul Akhir

Rabi’ul Akhir maksudnya masa menetapnya kaum laki-laki untuk kali terakhir.

5. Jumadil Awal

berasal dari kata Jumadi (kering) dan awal (pertama), dinamakan seperti itu karena bulan ini merupakan awal musim kemarau dimana mulai terjadi musibah kekeringan.

6. Jumadil Akhir

Artinya msim kemarau yang penghabisan.

7. Rajab

Rajab sendiri artinya mulia, jadi dinamakan Bulan Rajab karena bangsa Arab tempo dulu sangat memuliakan bulan ini, antara lain dengan melarang berperang.

8. Sya’ban

Artinya itu berkelompok, dinamakan Bulan Sya’ban karena orang Arab bulan ini lazimnya berkelompok mencari nafkah.

9. Ramadhan

Artinya sangat panas, mungkin Ramadhan berarti bulan dengan berbagai cobaan, sehingga kita harus sabar. Untuk diketahui, Ramadhan adalah satu-satunya Bulan yang disebut dalam Al Qur’an. Ramadhan juga dinamakan Bulan Suci karena pada bulan ini umat Islam melaksanakan ibadah puasa yang berkahnya sangat besar bagi umat yang melaksanakannya.

10. Syawal

Syawal artinya kebahagiaan, sehingga Bulan Syaban artinya bulan dimana manusia kembali ke dalam fitrah (kesucian) karena usia menunaikan ibadah puasa dan membayar zakat serta bermaaf-maafan, sehingga itu membuat kebahagiaan dimana-mana.

11. Dzulqa’dah

Berasal dari kata Dzul (pemilik) dan qa’dah (duduk). Dulu, Bulan Dzulqa’dah di Arab adalah waktu istirahat bagi kaum laki-laki Arab.

12. Dzulhijjah

Artinya adalah menunaikan haji. Dinamakan seperti itu karena pada bulan ini, umat Islam melaksanakan ibadah Haji.

Itulah arti dari nama bulan tersebut…

salam duaribuan…

About these ads