Liputan 6 SCTV, Masihkah Aktual? Tajam? Terpercaya?

Monthly Investigation : APRIL 2011

LIPUTAN 6 SCTV, Masihkah Aktual? Tajam? Terpercaya?

Logo Lama Liputan 6 SCTV

Logo Baru Liputan 6 SCTV

Saat ini ada puluhan program berita di Televisi Indonesia, Tetapi ingatkan kita ada program berita yang populer diantara yang ada, yakni program berita ini, Liputan 6 SCTV. Program berita yang disiarkan di stasiun SCTV ini mengudara sejak 20 Mei 1996. Dinamakan Liputan 6 karena jam tayangnya saat itu pukul enam sore atau 18.00 WIB.

Itulah sejarah singkat Liputan 6. Tapi Topik yang akan dibahas di Monthly Investigation April ini adalah Liputan 6 yang sudah mulai kehilangan citranya sebagai program berita populer. Liputan 6 yang beberapa kali mendapatkan Piala Panasonic Award untuk Kategori Program Berita dan Presenter Berita. Kita pasti ingat nama seperti Ira Koesno, Nunung Setiyani, Jeremy Teti dan Rosiana Silalahi. Merekalah yang berada di hadapan layar Liputan 6 mengharumkan nama Liputan 6.

Tetapi mulai 2007, hal itu berubah, Program Liputan 6 dikalahkan pamornya oleh Redaksi Pemberitaan RCTI, yakni Seputar Indonesia dalam Penganugerahan Panasonic Award kategori Program Berita.

Hal ini diawali dari 2005, dimana Karni Ilyas dan Don Boscow Selamun sebagai Pemimpin Redaksi dan Wakil Pemimpin Redaksi keluar dari Liputan 6. Posisi Pemred dijabat oleh Rosiana Silalahi. Rosiana pun berganti-ganti posisi, siaran dan berada di balik layar. Dibawah Rosiana, Liputan 6 memang berjalan seperti biasa, bahkan dia juga menyabet Panasonic Award 2006. Pada 2007, SCTV berencana memindahkan seluruh kegiatannya dari Gatot Subroto ke SCTV Tower di Senayan City. Redaksi Liputan 6 dijanjikan sebuah studio dan ruang redaksi yang lengkap. Rosiana dan timnya merubah logo Liputan 6.

Studio Baru Liputan 6 di Senayan City

Liputan 6 dengan tema baru begitu baik, tetapi memang kala itu program Seputar Indonesia RCTI menyabet Panasonic Award pada 2007 karena mereka juga melakukan perubahan yang lebih baik. Membuka 2008, Liputan 6 mengalami masalah. Dirut SCTV Fofo Sariaatmadja menyampaikan akan memutasi Redaksi Liputan 6. Rosiana pun digeser ke Posisi Penasehat Direktur. Sedangkan posisi Pemred dijabat ganda oleh sang Dirut. Tetapi, beberapa news anchor SCTV keberatan, termasuk Rosi. Rosi kala itu mendengar kabar bahwa Don Boscow Selamun, akan kembali ke Liputan 6 SCTV karena menganggap Don memiliki hubungan dengan beberapa kolega dan akan memuluskan jalan SCTV untuk menghadapi sistem desentralistik Media.

Rosi dan beberapa ‘orangnya’ pun keluar dari SCTV. Beberapa orang diantaranya adalah Bayu Sutiyono dan Sella Wangkar.

(dari kiri ke kanan) Bayu Sutiyono, Rike Amru, Rosiana Silalahi, Sella Wangkar, Joy Astro

Bayu Sutiyono shooting tayangan Liputan 6 Pagi 18 Agustus 2008.

Setelah Rosi keluar, SCTV benar-benar memasukan Don pada jabatan Pemred Liputan 6. Pada 2009, Liputan 6 dibawah Don meluncurkan wajah baru Liputan 6 dengan disertai Program Regional yakni Liputan 6 Surabaya, Bandung, Yogyakarta dan Makassar.

Perubahan memang ada, tetapi program khusus lain milik Liputan 6 SCTV seperti Barometer, Sigi 30 Menit, Potret dan Buser memang kalah pamor. Beberapa kalangan menganggap pimpinan SCTV saat ini mementingkan sinetron-sinetron dan FTV, bahkan tayangan-tayangan tersebut dipindahkan jam tayangnay ke jam malam, padahal ratingnya sedang naik.

Tetapi, hal yang baru dibawah Don Boscow adalah Program Berita Online di liputan6.com, beritanya lebih fresh.

Liputan6.com

Sekarang Rosi lebih sering mengadakan workshop dan membawakan program talkshow di stasiun televisi lain. Sementara Bayu Sutiyono juga sering mengikuti Rosi, selain itu ia juga menjadi presenter di SUN TV.

Sejak kepergian Rosi dari Liputan 6, Don merekrut beberapa orang untuk mengisi kekosongan presenter. Alhasil, Mantan Putri Indonesia Zivanna Letisha Siregar direkrut untuk menjadi presenter Liputan 6. selain itu ada Louisa Kusnandar, Duma Rilis Silalahi dan Juanita Wiraatmadja. Sementara itu beberapa pembawa acara berita regional Liputan 6 seperti Boy Bakamaro dan Anastasya Putri ditarik ke Jakarta untuk menjadi presenter.

Selain itu kita juga mengenang beberapa Presenter yang pernah hadir di Liputan 6, sebagai berikut :

dari kiri ke kanan : Tascha Liudmila, Alfito Deannova, Eva Julianti, Aryo Ardi, gak tahu, Fessy Alwi, Jeremmy Teti.

Dari 7 presenter diatas, hanya Ario Ardi dan Jeremmy Teti yang masih ada di Liputan 6. Kita berharap Liputan 6 mengalami kejayaan kembali, kalau bisa Rosiana Silalahi dan Bayu Sutiyono kembali ke Liputan 6. Dan Liputan 6 kembali seperti slogannya.

LIPUTAN 6

AKTUAL  TAJAM  TERPERCAYA

Ruang Redaksi Liputan 6 SCTV, masih terpampang slogan “AKTUAL, TAJAM, TERPERCAYA” semoga akan kembali “AKTUAL, TAJAM DAN TERPERCAYA” 

About these ads